Monday, August 20, 2018

Peluang Bisnis Mahasiswa: Mengonlinekan Hasil Produksi Tetangga

Terasa agak aneh membaca judul posting ini. Kok memasarkan hasil produksi tetangga? Baik, kita lihat realita dan peluangnya.
Begini, di sekitar kita banyak sekali usaha-usaha yang sudah dirintis oleh orang-orang tua. Misalnya ada yang memproduksi aneka kerajinan dari bambu. Ada yang memproduksi furniture dari jati. Ada yang memproduksi aneka produk konveksi.Dan masih banyak sekali yang lainnya. Nah, rata-rata yang sudah mapan adalah mereka yang sudah berusia ayah kita. Peluangnya adalah mereka rata-rata masih mengandalkan penjualan secara konvensional. Lalu, ini yang menjadi peluang. KITA (mahasiswa dan alumni) sebagai generasi yang melek media internet bisa kerja sama dengan tetangga kita untuk mengonlinekan produk mereka. Sekali lagi mengonlinekan produksi tetangga. Sudah terasa peluangnya? Ok. Kita bahas sisi positifnya.

Pasar Indonesia Luas

cara berfikirnya tidak usah rumit. Jika produk yang diproduksi itu laku dijual oleh tetangga kamu maka artinya produk itu juga laku dijual secara online. Lalu, kita berfikir lagi bahwa jika produk itu tidka laku di jawa, maka mungkin saja laku di sumatera, mungkin juga laku di sulawesi, dll. Jika tetangga kita pasarnya lokal maka kita yang tahu internet bisa jual secara nasional.

Modal ringan

Resiko kecil

Membantu Tetangga

Lewat apa jualnya?


1 comment: